Jumat, 09 Maret 2012

Mendellev, penemu tabel periodik modern


Dimitri Ivanovich Mendeleev (1834-1970)

            Dimitri Mendeleev lahir di Tobolsk, Siberia, Rusia pada 8 Februari 1834, ia anak ke-13 dari 17 saudara. Mendeleev memulai pendidikan saat berumur 13 tahun. Pada 1849 keluarga Mendeleev pindah ke St. Petersburg dan Mendeleev melanjutkan studinya di kota tersebut tepatnya di Main Pedagogical Institute pada 1850.
            Setelah kelulusannya, Mendeleev didiagnosamengidap TBC dan terpaksa meninggalkan St. Petersburg. Meskipun sakit, Mendeleev tetap berkarya dan mengajar kimia. Mendeleev berhasil sembuh dari penyakitnya dan kembali ke St. Petersburg pada 1857. Atas dedikasinya pada bidang kimia, Mendeleev diangkat menjadi professor kimia di St. Petersburg Technological  Institute dan University of St. Petersburg. Kontribusinya membuat St. Petersburg diakui sebagai pusat penelitian kimia.
Salah satu kontribusi Mendeleev untuk ilmu kimia adalah tabel periodik unsur yang dibuatnya. Berbeda dengan para kontrobutor tabel periodik lainnya yang menyusun tabel periodik berasarkan sifat fisika unsur-unsur  yang ada saat itu, tabel periodik Mendeleev menekankan pada sifat kimia unsur. Akibatnya, terdapat ruang-ruang kosong pada tabel periodiknya yang ia prediksi akan ditempati unsur-unsur yang akan ditemukan di kemudian hari.
            Mendeleev juga memprediksikan unsur-unsur tersebut. Ia memprediksikan unsur mirip aluminium dan silikon yang ia namai ekaaluminium dan ekasilikon. Unsur galliun dan germanium yang ditemukan kemudian memiliki sifat mirip ekaaluminium dan ekasilikon yang diprediksikan Mendeleev.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar